Bangun Rumah Pakai Jasa Arsitek, Seberapa Mahal?

Rumah merupakan investasi jangka panjang yang punya nilai tinggi. Untuk itu, mendesain dan membangun rumah bukan sekadar asal-asalan. kamu sepatutnya memikirkan banyak hal, di antaranya fungsi, mutu bangunan, estetika, dan kebutuhan.

Untuk menjadikan semuanya itu, kamu membutuhkan orang yang ahli di bidang bangunan, yang tak lain ialah arsitek. Biaya yang dikeluarkan pun tak sedikit untuk menyewa jasa arsitek.

"Seandainya mahal tidaknya relatif. Sekiranya arsitek dipandang mahal di awal, 'Yah gue sepatutnya bayar orang nih.' Tapi di kemudian harinya bakal jauh lebih murah, sebab kita menghindari hal-hal yang bisa terjadi jika enggak pakai arsitek," tutur salah satu arsitek, Andesita Oki yang dijumpai di wilayah ICE BSD, Tangerang baru-baru ini.

Figur dilema yang bakal dihadapi seandainya tak menggunakan arsitek, antara lain flow ruangan jadi tidak nikmat, sampai patut diulang. Atau hal-hal lain yang dapat dihindari kalau memakai jasa arsitek.

"Mahalnya di belakang sekiranya seharusnya renovasi," sambungnya.

Andesita mengaku bahwa setiap arsitek mempunyai harga yang berbeda-beda. "Bila sudah telah ngomongin bujet, tiap arsitek punya rate-nya sendiri-sendiri. Aku pasti merujuk pada ikatan arsitek itu sendiri sih, normalnya arsitek," katanya.

Semakin luas tanah serta bangunan yang bakal dirancang arsitek hal yang demikian, maka kian mahal pula tarif yang kamu keluarkan. Baca pula bermacam-macam informasi seputar jasa arsitek malang.

"Menghitung bayaran arsitek itu dari luasan bangunannya. Murah meriah lah hehe. Soalnya tiap arsitek itu beda-beda sih, itu tadi yang seperti saya bilang, kelihatannya mahal di awal, kita menghindari efek-efek sekiranya nantinya kita enggak gunakan desainer," dia menjelaskan.

Selain tanah serta bangunan, apa saja yang membuat arsitek masuk dalam daftar profesi dengan upah termahal?

"Idenya yang enggak ada di rumah lainnya. Kecuali ide, pengetahuan arsitek itu sendiri, yang penting si pemilik rumah puas dengan rancangannya. Pokoknya tarif arsitek itu ada yang hingga Rp10 juta serta ada juga arsitek yang narifin mahal, serta semuanya masih dapat didiskusikan lagi sama arsiteknya," tuturnya.